Negara Dengan Luas Wilayah Terbesar di Dunia

Negara Dengan Luas Wilayah Terbesar di Dunia

Negara Dengan Luas Wilayah Terbesar di Dunia, 71% permukaan bumi ditutupi oleh air, artinya hanya 29% yang merupakan daratan sebenarnya. Mengingat persentase yang kecil ini, sepertinya tidak ada cukup ruang untuk negara-negara besar yang luas. Tapi ada! Ada berbagai negara besar di planet ini, dan mereka sangat unik dan beragam. Di bawah ini adalah daftar negara-negara terbesar di dunia.

1. Russia

Russia
Rusia sejauh ini merupakan negara terbesar di dunia dengan luas daratan 6,6 juta mil persegi. Pada 2017, ia memiliki populasi 144,5 juta orang. Berbatasan dengan 14 negara dan memiliki pantai di tiga samudera: Arktik, Atlantik, dan Pasifik. Ibukota Rusia adalah Moskow.

Ada lebih dari 100.000 sungai di Rusia, dan itu termasuk beberapa sungai yang paling kuat dan terpanjang di dunia. Ada juga banyak danau di wilayah ini, termasuk dua danau terbesar yang dapat ditemukan di Eropa: Onega dan Ladoga. Salah satu danau, Danau Baikal, yang terletak di Siberia, memiliki lebih banyak air di dalamnya daripada danau lain di seluruh dunia.

2. Canada

Canada
Masuk sebagai negara terbesar kedua di dunia adalah Kanada. Memiliki luas daratan 3,9 juta mil persegi dan populasi 2017 sebesar 36,71 juta orang. Berbatasan dengan AS dan memiliki garis pantai terpanjang di dunia. Ibukota Kanada adalah Ottawa.

Baca juga  : Donat Paling Enak dan Terkenal Dari Seluruh Dunia

Pantai-pantai di Kanada menyentuh samudra Arktik, Pasifik, dan Atlantik, dan terdiri dari 13 provinsi dan wilayah. Negara ini memiliki lebih banyak genangan air daripada gabungan seluruh dunia. Diyakini mungkin ada sebanyak 2 juta. Beberapa danau terbesar termasuk Danau Huron, Danau Great Bear, dan Danau Superior.

3. United States

United States
Perkiraan luas daratan Amerika Serikat berkisar 3,6 hingga 3,97 juta mil persegi, dengan populasi 2017 sebesar 325,7 juta orang — ini adalah populasi terbesar ketiga di dunia. AS memiliki ekonomi terbesar di dunia. Kota terpadat di negara ini adalah New York, Los Angeles, dan Chicago.

AS berbatasan dengan Kanada bagian utara dan selatan oleh Meksiko. Tidak ada bahasa resmi di negara ini, tetapi bahasa Inggris dan Spanyol adalah dua bahasa yang paling umum digunakan. Sungai Mississippi dan Missouri bersama-sama membentuk sistem sungai terpanjang di negara itu, dan danau terbesar di negara itu adalah Danau Superior.

4. China

China
Cina memiliki daratan seluas 3,7 juta mil persegi, menjadikannya negara terbesar keempat (atau ketiga) di dunia. Pada 2017, populasi negara itu adalah 1,4 miliar orang, menjadikan negara ini negara terpadat di dunia. Ibukota Tiongkok adalah Beijing, dan kota ini adalah perpaduan arsitektur tradisional dan modern.

Cina berbatasan dengan Afghanistan, Burma, Bhutan, India, Korea Utara, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Laos, Mongolia, Pakistan, Nepal, Rusia, Tajikistan, dan Vietnam. Mt. Everest berada di perbatasan antara Nepal dan Cina. Banyak bahasa digunakan di negara ini, termasuk Yue, Wu, Mandarin, Minbei, Minnan, Gan, Xiang, dan Hakka.

Baca juga : Peraturan Aneh di Korea Utara Yang Tak Masuk Akal

Negara ini memiliki sungai terpanjang keempat dan keenam di dunia, masing-masing Sungai Yangtze dan Sungai Kuning. Ini juga rumah bagi struktur buatan manusia terbesar di dunia, Tembok Besar, yang panjangnya 5.500 mil.

5. Brazil

Brazil
Yang melengkapi 5 negara terbesar di dunia adalah Brasil. Negara ini memiliki daratan 3,3 juta mil persegi dengan populasi 209,3 juta orang pada 2017. Ibukotanya adalah Brasilia, tetapi kota terbesar adalah Sao Paulo.

Brasil berbatasan dengan semua negara di Amerika Selatan, kecuali Ekuador dan Chili. Menarik, Brasil juga berbatasan dengan Perancis. Ia memiliki garis pantai besar di sisi timur yang membentang sepanjang 4.655 mil. Bahasa yang digunakan di Brasil adalah bahasa Portugis Dominoqq, dan itu adalah satu-satunya negara di Amerika Selatan yang berbicara bahasa ini.

Baca juga artikel menarik lainnya di bawah ini :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*